Latihan Soal PAT SKI Kelas X MA Semester 2 dan Kunci Jawaban

Table of Contents
Dalam rangka mempersiapkan untuk menghadapi ujian Penilaian Akhir Tahun (PAT), maka kami buatkan latihan soal PAT SKI Kelas X MA semester 2. Latihan soal ini bisa digunakan sebagai sarana latihan soal online bagi siswa dimanapun berada.


Adapun soal latihan Penilaian Akhir Tahun (PAT) untuk mata pelajaran SKI kelas X MA semester 2 ini seluruhnya berjumlah sebanyak 45 butir soal, yang terdiri dari 40 soal untuk pilihan ganda dan 5 soal untuk uraian. Berikut pembahasan latihan soal PAT kelas X MA semester 2 selengkapnya.

I. Pilihan Ganda
Pilihlah satu jawaban dengan cara memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, D atau E pada pilihan jawaban yang paling tepat !

1. Sebelum kedatangan Islam, kehidupan sosial ekonomi masyarakat Makkah cukup maju, namun di sisi lain terjadi kesenjangan ekonomi dan kemerosotan akhlak (jahiliyah). Salah satu bukti kemajuan ekonomi di Makkah pada waktu itu adalah ....
A. Terdapat kompetisi syair di Makkah
B. Terdapat mata air zam-zam yang tidak pernah kering
C. Banyaknya pengunjung kabah yang datang dari berbagai penjuru Arabia
D. Terdapat kebun kurma yang subur yang menjadi salah satu komoditi pertanian
E. Terdapat pusat perdagangan (pasar Ukaz) yang ramai didatangi para pedagang Arab

Jawaban : C

2. Mayoritas penduduk bangsa Arab sebelum Islam menganut agama asli nenek moyang mereka yang diwujudkan dalam bentuk berhala atau patung. Masing masing kabilah mempunyai sesembahan yang berbeda dengan kabilah yang lain, apakah sesembahan kabilah Tsaqif di Thaif ....
A. Latta
B. Uzza
C. Hubal
D. Samirri
E. Mannat

Jawaban : A

3. Perhatikan pernyataan berikut !
1) Bangsa Arab hidup nomaden
2) Bangsa Arab mempunyai tradisi keilmuan
3) Bangsa Arab mulai hidup menetap
4) Bangsa Arab gemar menjamu tamu
5) Bangsa Arab gemar hidup mewah
6) Bangsa Arab selalu menepati janji
7) Bangsa Arab cinta dan setia pada adat dan tradisi kabilahnya
Dari pernyataan di atas manakah yang merupakan budaya bangsa Arab sebelum Islam datang ....
A. 1,3 dan 4
B. 2, 4 dan 6
C. 1,3 dan 7
D. 1, 2 dan 6
E. 1, 4 dan 7

Jawaban : E

4. Struktur Masyarakat Arab terbagi menjadi dua, ada yang bermukim di kawasan pedalaman atau pedesaan dan hidup di perkotaan. Dalam hal perekonomian masyarakat perkotaan banyak melakukan perjalanan dagang, mereka sering disebut dengan .…
A. Ahlussunnah
B. Ahlulbait
C. Ahlul Jannah
D. Baduwi
E. Ahlul Hadhar

Jawaban : E

5. Bangsa Arab melakukan perjalanan dagang pada dua musim dalam setahun, yaitu pada musim panas ke Negara … dan musim dingin ke Negara ….
A. Syam dan Yaman
B. Yaman dan Habasyah
C. Habasyah dan Palestina
D. Palestina dan Yatsrib
E. Yatsrib dan Syam

Jawaban : A

6. Setelah menerima wahyu yang kedua Rasulullah Saw memulai berdakwah dengan sembunyi-sembunyi, apa landasan ayat diperintahkannya Rasulullah Saw berdakwah secara terang-terangan ....
A. QS. Al-Hijr (15) : 74
B. QS. Al-Alaq (96) : 1-5
C. QS. Al-Muddatstsir (74) : 1-7
D. QS. Al-Lahab (11) : 1-5
E. QS. Al-Humazah (104) : 1-4

Jawaban : C

7. Perhatikan pernyataan berikut !
1) Nabi Muhammad merasa senang dan bangga dapat bertemu dengan Allah
2) Rasulullah Saw mendapatkan perintah Sholat lima waktu langsung dari Allah Swt
3) Nabi Muhammad dapat bertemu langsung dengan Allah
4) Allah mengistimewakan Rasulullah Saw dari pada nabi dan Rasul terdahulu
5) Allah memperlihatkan ke-Maha Kuasa-Nya
Pernyataan diatas yang termasuk hikmah dari Isra Mi'raj adalah .…
A. 1, 2, 3
B. 1, 3, 5
C. 2, 3, 4
D. 2, 3, 5
E. 3, 4, 5

Jawaban : D

8. Untuk melindungi pengikut Rasulullah dari siksaan kafir Quraisy maka Rasul meminta para pengikutnya melakukan hijrah. Adapaun memaknai hijrah yang dapat dilakukan sebagai pelajar saat ini yang paling tepat ….
A. Mengikuti perkembangan zaman agar tidak tertinggal
B. Mencari solusi untuk negara kita yang sedang terpuruk ekonominya
C. Berpindah pindah lembaga pendidikan untuk mencari sekolah yang terbaik
D. Ikut menyelesaikan problem negara yang berkonflik
E. Merubah kebiasaan malas belajar menjadi rajin dalam belajar

Jawaban : E  

9. Hijrahnya Rasul ke Yatsrib diawali dengan sebuah peristiwa yang dikenal dengan perjanjian Aqabah. Diantara isi perjanjian Aqabah kedua adalah .…
A. Tidak akan memfitnah dan menghasut
B. Tidak mencuri dan berzina
C. Mendukung dakwah Rasulullah
D. Meninggalkan membunuh anak-anak
E. Menyembah Allah Swt

Jawaban : C

10. Peristiwa yang melatar belakangi hijrahnya Nabi Muhammad Saw dan umat Islam ke Yatsrib sekaligus batu loncatan dalam persiapan proses hijrah ke Madinah, adalah ....
A. Hilfulfudhul
B. Bai'ah 'aqabah 1 dan2
C. Perjanjian Hudaibiyah
D. PiagamMadinah
E. Tahun Gajah

Jawaban : B

11. Apa makna jahiliyah jika dikaitkan dengan kehidupan zaman modern sekarang ini...
A. Kehidupan yang penuh dengan ilmu pengetahuan dan teknologi.
B. Kehidupan yang diliputi oleh kebodohan dan ketidakpedulian terhadap nilai moral.
C. Kehidupan yang menjunjung tinggi nilai-nilai agama.
D. Kehidupan yang bebas dari segala bentuk peraturan dan hukum.
E. Kehidupan yang penuh dengan keharmonisan dan persatuan.

Jawaban : B

12. Bentuk-bentuk perilaku masyarakat jahiliyah sebelum Islam datang yang dapat kita temukan pada zaman modern sekarang ini adalah...
A. Meningkatnya kesadaran beragama dalam masyarakat.
B. Penyembahan berhala dan penindasan terhadap perempuan.
C. Kehidupan yang semakin damai dan adil.
D. Penghormatan terhadap hak asasi manusia.
E. Kerjasama antarumat beragama yang semakin meningkat.

Jawaban : B

13. Tantangan dakwah yang dialami umat Islam pada masa dakwah di Makkah dibandingkan dengan tantangan dakwah umat Islam pada masa sekarang adalah....
A. Pada masa Makkah, dakwah lebih mudah karena masyarakat lebih terbuka terhadap Islam.
B. Pada masa sekarang, dakwah lebih mudah karena banyak teknologi yang mendukung.
C. Pada masa Makkah, dakwah terhambat oleh penindasan dan kekerasan, sedangkan sekarang lebih pada tantangan sosial dan politik.
D. Pada masa Makkah, dakwah lebih terfokus pada pengajaran agama, sedangkan sekarang pada aspek ekonomi.
E. Pada masa Makkah, dakwah tidak mendapat tantangan, karena semua masyarakat sudah menerima Islam.

Jawaban : C

14. Apa perbedaan sikap masyarakat Makkah dan Madinah dalam memperlakukan Rasulullah Saw dan pengikutnya? Mengapa perbedaan ini terjadi...
A. Makkah menolak Rasulullah Saw dan pengikutnya karena mereka tidak memiliki pengaruh politik.
B. Makkah menerima Rasulullah Saw karena mereka mendukung dakwahnya.
C. Madinah menerima Rasulullah Saw karena mereka mendukung ajaran Islam, sementara Makkah menentangnya.
D. Makkah mendukung Rasulullah Saw, sementara Madinah menentangnya.
E. Madinah tidak memperlakukan Rasulullah Saw dengan baik, karena mereka takut akan kekuasaannya.

Jawaban : C

15. Mengapa kaum Kafir Quraisy melakukan pemboikotan terhadap Rasulullah dan para pengikutnya...
A. Karena mereka ingin mengubah ajaran Islam yang baru.
B. Karena mereka merasa terganggu dengan ajaran-ajaran yang dibawa Rasulullah Saw yang menentang keyakinan mereka.
C. Karena mereka ingin Rasulullah Saw pindah ke Madinah.
D. Karena mereka ingin agar masyarakat Makkah lebih religius.
E. Karena mereka tidak setuju dengan sistem ekonomi yang diusung oleh Rasulullah Saw.

Jawaban : B

16. Apa makna yang terkandung dalam peristiwa Amul Huzni dan Isra Mi'raj, serta pelajaran apa yang dapat diambil....
A. Peristiwa ini menunjukkan bahwa Rasulullah Saw diberi kekuatan untuk mengatasi ujian hidup.
B. Peristiwa ini menunjukkan bagaimana kerasnya ujian yang diterima Rasulullah Saw dalam hidupnya.
C. Peristiwa ini hanya menunjukkan keajaiban dan tidak ada pelajaran penting yang bisa diambil.
D. Peristiwa ini menggambarkan kebesaran Allah yang memberikan pengajaran langsung kepada Rasulullah Saw.
E. Peristiwa ini adalah bagian dari sejarah yang tidak relevan dengan kehidupan sekarang.

Jawaban : A

17. Apa pelajaran yang bisa diambil dari peristiwa hijrah Rasulullah Saw dari Makkah ke Madinah....
A. Hijrah mengajarkan tentang pentingnya melarikan diri dari masalah kehidupan.
B. Hijrah mengajarkan tentang pentingnya sabar dalam menghadapi kesulitan.
C. Hijrah mengajarkan tentang pentingnya bekerja keras tanpa memperhatikan tujuan agama.
D. Hijrah mengajarkan tentang perjuangan untuk membangun masyarakat yang lebih baik dan kuat.
E. Hijrah mengajarkan tentang bagaimana menaklukkan musuh tanpa perlawanan.

Jawaban : D

18. Bagaimana seharusnya seorang pelajar memaknai hijrah pada masa sekarang....
A. Sebagai langkah untuk menghindari masalah dan konflik.
B. Sebagai upaya untuk memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas hidup melalui perubahan positif.
C. Sebagai cara untuk melarikan diri dari tanggung jawab.
D. Sebagai langkah untuk menjauh dari masyarakat.
E. Sebagai alasan untuk mengabaikan pendidikan dan pekerjaan

Jawaban : B

19. Pada kondisi apa Rasulullah Saw diperbolehkan berperang melawan orang-orang kafir Quraisy....
A. Ketika umat Islam merasa terancam dan teraniaya.
B. Ketika umat Islam tidak lagi ingin berdakwah dan lebih memilih berperang.
C. Ketika Rasulullah Saw merasa kesal dengan kaum Quraisy.
D. Ketika umat Islam ingin menguasai Makkah dan Madinah.
E. Ketika kaum kafir Quraisy menawarkan perjanjian damai

Jawaban : A

20. Apa yang melatarbelakangi terjadinya peristiwa Uhud dan peristiwa Fathu Makkah, dan apa perbedaannya....
A. Uhud terjadi karena Rasulullah Saw kalah dalam pertempuran, sementara Fathu Makkah terjadi karena kemenangan umat Islam.
B. Uhud terjadi karena penyerangan mendadak oleh musuh, sedangkan Fathu Makkah terjadi karena perjanjian damai.
C. Uhud terjadi karena strategi perang yang buruk, sedangkan Fathu Makkah karena keberanian umat Islam.
D. Uhud terjadi karena ketidakseimbangan pasukan, sementara Fathu Makkah adalah hasil dari negosiasi damai yang berhasil.
E. Uhud terjadi karena penolakan terhadap Islam, sementara Fathu Makkah adalah hasil dari penghormatan kepada Rasulullah Saw.

Jawaban : A

21. Apa alasan Abu Bakar As-Shiddiq melakukan kodifikasi al-Qur'an kemudian dibukukan pada masa Usman bin Affan....
A. Agar al-Qur'an lebih mudah dipahami oleh masyarakat
B. Agar al-Qur'an dapat disebarluaskan ke luar negeri
C. Untuk menjaga kesatuan bacaan dan mencegah perbedaan dalam membaca al-Qur'an
D. Karena banyak ulama yang tidak setuju dengan isi al-Qur'an
E. Untuk mengurangi pengaruh al-Qur'an yang tertulis di media lainnya

Jawaban : C   

22. Kemukakan pendapat anda tentang pemberontakan yang dilakukan kaum murtad, apa alasan yang melatarbelakangi terjadinya peristiwa tersebut....
A. Mereka menentang pemerintahan Khalifah Abu Bakar
B. Mereka menuntut pembagian harta rampasan perang
C. Mereka menolak membayar zakat setelah wafatnya Rasulullah Saw
D. Mereka ingin mengubah sistem pemerintahan Islam
E. Mereka ingin membentuk negara baru yang lebih maju

Jawaban : C   

23. Apa saja kebijakan-kebijakan Khalifah Umar bin Khathab ketika menjabat sebagai Khalifah.....
A. Membuka peluang bagi orang non-Arab untuk masuk dalam jajaran pemerintahan
B. Meningkatkan sistem administrasi negara dan membentuk berbagai lembaga negara
C. Menghentikan ekspansi ke wilayah luar Arab
D. Menghapuskan kewajiban zakat bagi orang kaya
E. Mendirikan banyak masjid di seluruh dunia Islam

Jawaban : B   

24. Jelaskan proses pemilihan Khalifah Usman bin Affan.....
A. Usman dipilih melalui musyawarah antara para sahabat di Madinah
B. Usman dipilih secara aklamasi oleh umat Islam di seluruh dunia
C. Usman diangkat langsung oleh Rasulullah Saw
D. Usman terpilih setelah terjadi pemilihan umum
E. Usman dipilih oleh Ali bin Abi Talib setelah kematian Umar

Jawaban : A   

25. Apa yang kamu ketahui tentang Syi'ah, Khawarij dan Murji'ah? Jelaskan.....
A. Syi'ah adalah golongan yang mendukung khalifah Abu Bakar, Khawarij adalah kelompok radikal yang menentang Ali, dan Murji'ah adalah kelompok yang menentang pemerintahan Umayyah
B. Syi'ah adalah golongan yang mendukung Ali sebagai pemimpin, Khawarij adalah kelompok yang menentang Ali, dan Murji'ah adalah kelompok yang tidak terlalu peduli pada politik
C. Syi'ah adalah kelompok yang mendukung khalifah Usman, Khawarij adalah kelompok yang mendukung Ali, dan Murji'ah adalah kelompok yang mendukung Muawiyah
D. Syi'ah adalah golongan yang setuju dengan keputusan khalifah, Khawarij adalah kelompok yang mendukung sistem monarki, dan Murji'ah adalah kelompok yang menentang pemerintah Umayyah
E. Syi'ah adalah kelompok yang menentang segala bentuk pemerintahan, Khawarij adalah kelompok yang mendukung khalifah, dan Murji'ah adalah golongan yang mendukung pemerintahan Umayyah

Jawaban : B   

26. Sebutkan beberapa departemen yang terbentuk pada masa daulah Umayyah di Damaskus.....
A. Departemen Keuangan, Departemen Pendidikan, Departemen Ekonomi
B. Departemen Keamanan, Departemen Perdagangan, Departemen Agama
C. Departemen Keuangan, Departemen Militer, Departemen Kebudayaan
D. Departemen Perdagangan, Departemen Kesehatan, Departemen Keamanan
E. Departemen Militer, Departemen Keamanan, Departemen Pendidikan

Jawaban : C   

27. Jelaskan sistem pemerintahan Daulah Umayyah di Damaskus yang berbeda dengan masa Khulafaurrasyidin.....
A. Daulah Umayyah mengadopsi sistem monarki, sedangkan masa Khulafaurrasyidin menggunakan sistem pemerintahan syura
B. Daulah Umayyah menghapuskan peran dewan syura, sementara masa Khulafaurrasyidin sangat mengutamakan syura
C. Daulah Umayyah membentuk kekhalifahan berdasarkan keturunan, sedangkan Khulafaurrasyidin memilih khalifah berdasarkan musyawarah
D. Daulah Umayyah menekankan sistem demokrasi, sedangkan Khulafaurrasyidin mengutamakan sistem autokrasi
E. Daulah Umayyah memiliki sistem pemerintahan yang berbasis pada wilayah, sementara masa Khulafaurrasyidin berbasis pada kabilah

Jawaban : C   

28. Sebutkan daerah-daerah mana saja yang berhasil dikuasai pada masa Daulah Umayyah di Damaskus.....
A. Mesir, Syam, Persia, dan India
B. Syam, Mesir, Spanyol, dan Afrika Utara
C. Afrika Utara, India, dan Yaman
D. India, Madinah, Mekkah, dan Irak
E. Persia, Madinah, Suriah, dan Yaman

Jawaban : B

29. Sebutkan bentuk-bentuk peradaban yang tumbuh pada masa Daulah Umayyah di Damaskus.....
A. Peningkatan ilmu pengetahuan, seni, dan kebudayaan
B. Perkembangan sistem pendidikan tinggi dan pembuatan banyak universitas
C. Perkembangan ilmu-ilmu filsafat dan astronomi
D. Perkembangan seni arsitektur, administrasi pemerintahan, dan ekonomi
E. Peningkatan dalam bidang teknologi dan perdagangan internasional

Jawaban : D   

30. Sebutkan faktor penyebab runtuhnya Daulah Umayyah di Damaskus.....
A. Ketidakstabilan ekonomi dan penurunan kualitas kepemimpinan
B. Ketegangan sosial antara penguasa dan rakyat, serta pertentangan agama
C. Penyalahgunaan kekuasaan oleh keluarga Umayyah
D. Perpecahan internal dan serangan dari luar
E. Semua jawaban benar

Jawaban : E

31. Apa nama peristiwa yang mengukuhkan berdirinya Daulah Umayyah di Damaskus....
A. Perang Siffin
B. Pemberontakan Khawarij
C. Peristiwa Karbala
D. Perang Yarmuk
E. Bai’at Ridwan

Jawaban: D

32. Apa saja jasa-jasa Khalifah Walid bin Abdul Malik ketika menjabat sebagai Khalifah Daulah Umayyah di Andalusia....
A. Membangun masjid Al-Aqsa
B. Memperluas wilayah kekuasaan ke Eropa Barat
C. Menyusun sistem administrasi pemerintahan yang lebih terorganisir
D. Mendirikan Universitas Al-Qarawiyyin
E. Membangun masjid-masjid besar, termasuk Masjid Umayyah

Jawaban: E

33. Apa maksud dari Mawali....
A. Orang-orang yang dibebaskan dari perbudakan
B. Masyarakat yang berbicara bahasa Arab
C. Non-Arab yang masuk Islam dan menjadi bagian dari masyarakat Arab
D. Kelompok suku Arab yang asli
E. Pemerintah yang diangkat oleh Khalifah

Jawaban: C

34. Apa yang kamu ketahui tentang Diewanul Hijabah....
A. Lembaga yang mengatur urusan militer
B. Lembaga yang mengurus urusan keuangan negara
C. Lembaga yang mengatur urusan hubungan luar negeri
D. Lembaga yang mengurus urusan penerimaan dan pemilihan pejabat
E. Lembaga yang mengatur urusan agama

Jawaban: D

35. Apa maksud dari gelar Ad-Dakhil....
A. Gelar untuk orang yang pertama kali masuk Islam
B. Gelar untuk khalifah yang memulai pemerintahan
C. Gelar untuk penakluk wilayah baru
D. Gelar untuk orang yang berhasil menyebarkan Islam
E. Gelar untuk khalifah pertama dari luar keturunan Umayyah

Jawaban: E

36. Dimanakah Qubah al Sakha berada....
A. Madinah
B. Mekkah
C. Damaskus
D. Kairo
E. Baghdad

Jawaban: B

37. Sebutkan karya Abu Bakar Ibnu Thufail dalam bidang Ilmu Filsafat....
A. Kitab Al-Qanun Fi At-Tibb
B. Al-Muhadabah
C. Hayy ibn Yaqzan
D. Al-Iqtiṣād fī al-‘Ilm
E. Al-Shifa

Jawaban: C

38. Apa judul karya Ibnu Rusdy dalam bidang Ilmu Fikih....
A. Al-Ihkam Fi Usul al-Ahkam
B. Al-Muqaddimah
C. Bidayatul Mujtahid wa Nihayatul Muqtasid
D. Al-Tafsir al-Kabir
E. Al-Shifa

Jawaban: C

39. Apa judul karya Ibnu Sina dalam Ilmu Kedokteran....
A. Al-Qanun Fi At-Tibb
B. Al-Muhadabah
C. Kitab Al-Shifa
D. Al-Ibda’
E. Al-Tanbih

Jawaban: A

40. Sebutkan karya Ibnu Khaldun dalam Ilmu Sejarah....
A. Al-Muqaddimah
B. Al-Tafsir al-Kabir
C. Al-Iqtiṣād fī al-‘Ilm
D. Bidayatul Mujtahid
E. Hayy ibn Yaqzan

Jawaban: A

II. Uraian/ Essay
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jawaban siangkat dan benar !

1. Uraikan secara singkat sejarah periode pertama Daulah Umayyah di Andalusia?
Periode pertama Daulah Umayyah di Andalusia dimulai pada tahun 711 M setelah pasukan Muslim yang dipimpin oleh Thariq bin Ziyad berhasil menaklukkan kerajaan Visigoth di Spanyol. Setelah jatuhnya Dinasti Umayyah di Damaskus pada tahun 750 M akibat pemberontakan Abbasiyah, Abd al-Rahman I, seorang anggota keluarga Umayyah yang selamat, mendirikan Daulah Umayyah di Andalusia pada tahun 756 M. Ia berhasil mengkonsolidasikan kekuasaannya dan menjadikan Andalusia sebagai pusat kebudayaan dan peradaban Islam.

2. Bandingkan sejarah berdirinya Daulah Umayyah di Andalusia pada periode pertama dan periode kedua, jelaskan pendapatmu?
Pada periode pertama, Daulah Umayyah di Andalusia dimulai dengan penaklukan oleh pasukan Muslim di bawah Thariq bin Ziyad dan konsolidasi kekuasaan oleh Abd al-Rahman I pada tahun 756 M. Pada periode kedua, yang dimulai setelah masa Abd al-Rahman I, Daulah Umayyah di Andalusia semakin berkembang dengan pemerintahan yang lebih stabil dan kemajuan pesat dalam ilmu pengetahuan, ekonomi, dan kebudayaan, terutama di bawah Abd al-Rahman III. Perbedaan utama adalah pada periode kedua, Andalusia mencapai puncak kejayaan dan kemakmuran yang lebih lama dan lebih terstruktur.

3. Hubungkan proses berdirinya Daulah Umayyah di Andalusia dengan pemerintahan Daulah Umayyah di Damaskus?
Proses berdirinya Daulah Umayyah di Andalusia tidak terlepas dari kejatuhan Daulah Umayyah di Damaskus pada tahun 750 M akibat pemberontakan Abbasiyah. Abd al-Rahman I, yang merupakan anggota keluarga Umayyah yang selamat, melarikan diri ke Andalusia dan mendirikan kembali dinasti Umayyah di wilayah tersebut. Sebagai penerus langsung dari Umayyah di Damaskus, Daulah Umayyah di Andalusia melanjutkan sistem pemerintahan yang berbasis pada keturunan dan monarki, serta mempertahankan banyak tradisi Umayyah.

4. Buktikan bahwa Daulah Umayyah di Andalusia merupakan penerus Daulah Umayyah di Damaskus?
Daulah Umayyah di Andalusia dapat dianggap sebagai penerus Daulah Umayyah di Damaskus karena beberapa hal:
  • Keturunan dan Dinasti yang Sama: Abd al-Rahman I, sebagai anggota keluarga Umayyah, mendirikan kembali kekhalifahan Umayyah di Andalusia setelah kejatuhan dinasti Umayyah di Damaskus.
  • Sistem Monarki: Seperti pemerintahan Umayyah di Damaskus, sistem pemerintahan di Andalusia berbasis pada monarki keturunan.
  • Pemeliharaan Tradisi Umayyah: Abd al-Rahman I mempertahankan banyak kebijakan dan tradisi pemerintahan Umayyah, menjadikan Andalusia sebagai kelanjutan langsung dari Daulah Umayyah di Damaskus.
5. Buktikan bahwa kemajuan peradaban Islam Daulah Umayyah di Andalusia sejajar dengan peradaban Daulah Abbasiyah di Baghdad?
Kemajuan peradaban Islam Daulah Umayyah di Andalusia sejajar dengan Daulah Abbasiyah di Baghdad dalam beberapa aspek:
  • Ilmu Pengetahuan: Andalusia menjadi pusat ilmuwan dan intelektual, mirip dengan Baghdad yang menjadi pusat ilmu pengetahuan pada masa Abbasiyah.
  • Arsitektur dan Kebudayaan: Seperti Baghdad, Andalusia menghasilkan karya-karya arsitektur yang menakjubkan, seperti Masjid Cordoba, dan kemajuan seni dan budaya lainnya.
  • Ekonomi dan Perdagangan: Kedua Daulah ini menjadi pusat perdagangan internasional yang menghubungkan dunia Islam dengan Eropa dan Asia.
  • Pendidikan: Baik di Andalusia maupun di Baghdad, pusat-pusat pendidikan dan perpustakaan berkembang pesat, mendukung kemajuan ilmiah dan budaya.
Demikian tentang latihan Soal PAT SKI Kelas X MA Semester 2 dan Kunci Jawaban. Semoga soal-soal ini membantu!
Bang Mimin
Bang Mimin Content Writer