Latihan Soal PTS SKI Kelas 8 Semester 2 dan Kunci Jawaban

Table of Contents
Dalam rangka mempersiapkan untuk menghadapi ujian Penilaian Tengah Semester (PTS), maka kami buatkan latihan soal PTS SKI Kelas 8 semester 2. Latihan soal ini bisa digunakan sebagai sarana latihan soal online bagi siswa dimanapun berada.


Latihan soal Penilaian Tengah Semester (PAS) untuk mata pelajaran SKI kelas 8 semester 2 ini seluruhnya berjumlah sebanyak 25 butir soal yang terdiri dari 20 soal untuk pilihan ganda dan 5 soal untuk soal uraian. 

I. Pilihan Ganda
Pilihlah salah satu jawaban dari A, B, C dan D dibawah ini dengan tepat dan benar!

1. Sikap keperwiraan yang patut diteladani dari sosok pendiri Daulah Ayyubiyah adalah sikap toleransi dengan pemeluk agama lain, saat Sultan Salahuddin Al-Ayyubi berhasil menguasai Baitul Maqdis. Wujud tolerasi itu adalah....
a.  Haus, rakus terhadap harta dan ingin menguasai penuh Baitul Maqdis
b.  Melarang dan mengusir orang Kristen mengunjungi Baitul Maqdis
c.  Merampas hak-hak umat beragama lainnya termasuk umat Islam
d.  Mengizinkan umat Kristiani berziarah ke Baitul Maqdis

Jawaban : D   

2. Karir politik Salahuddin Al-Ayyubi diawali saat dirinya diminta untuk membantu Khalifah Al-Adid di Mesir melawan pasukan salib. Setelah sukses menang atas pasukan salib, sebagai imbalannya khalifah Al-Adid memberikan jabatan penting. Jabatan apakah yang diberikan kepada Salahuddin Al-Ayyubi....
a.  Perdana menteri
b.  Panglima perang
c.  Hakim agung
d.  Pembantu khalifah

Jawaban : A     

3. Salahuddin Al-Ayyubi lahir di Tikrit, Irak pada tahun 1138 M. Selain mendapat pendidikan agama dari ayahnya, Salahuddin juga menerima pendidikan keterampilan militer. Saat ia berkuasa dan mendirikan dinasti, ia menggunakan nama Al-Ayyubi yang disibatkan pada....
a.  Ayahnya
b.  Ibunya
c.  Kakeknya
d.  Pamannya

Jawaban : A  

4. Berdirinya daulah Ayyubiyah mendapat dukungan penuh dari daulah Abbasiyah di Baghdad, Irak. Selain sama-sama memiliki faham Islam Sunni, sebagai bentuk terima kasih kepada khalifah Al-Mustadhi, Sultan Salahuddin Al-Ayyubi membuat peraturan yang memerintahkan untuk....
a.  Mendoakan khalifah Abbasiyah pada setiap khutbah Jum’at
b.  Mencacimaki khalifah Abbasiyah pada setiap khutbah Jum’at
c.  Mendoakan khalifah Fathimiyah pada setiap khutbah Jum’at
d.  Mendoakan sultan Ayyubiyah pada setiap khutbah Jum’at

Jawaban : A   

5. Sebagai negara maju, daulah Ayyubiyah mengembangkan sektor industri. Terdapat pabrik gelas, karpet, dan logam berhasil didirikan oleh pemerintah daulah Ayyubiyah. Tak heran sebuah benteng besar yang dibangun tahun 1183 M oleh daulah Ayyubiyah masih berdiri hingga kini, benteng itu adalah....
a.  Kisrah Ad-Dzahabi
b.  Qal’atul Jabal
c.  Masjid Ali Pasha
d.  Pyramida

Jawaban : B   

6. Membangun madrasah, mendirikan rumah sakit dan sekolah kedokteran merupakan prioritas utama yang dibangun dan dikembangan oleh daulah Ayyubiyah dalam bidang....
a.  Pendidikan
b.  Hukum
c.  Militer
d.  Industri

Jawaban : A  

7. Masjid Al-Azhar yang dibangun pada masa pemerintahan daulah Fatimiyah pada mulanya menjadi pusat penyebaran faham syiah. Setelah daulah Ayyubiyah berdiri Masjid Al-Azhar difungsikan sebagai….
a.  Penyebaran faham Sunni
b.  Penyebaran faham sesat
c.  Penyebaran faham mu’tazilah
d.  Penyebaran faham wahabi

Jawaban : A  

8. Peradaban dan kemajuan sebuah bangsa dapat terwujud jika perdamaian terwujud dalam sebuah wilayah Negara. Prinsip ini dipegang betul oleh Sultan Al-Kamil Muhammad dari daulah Ayyubiyah, cara tepat yang dilakukannya saat itu kepada pasukan salib yang ingin menguasi Jerussalem melakukan perjanjian damai denmgan imbalan….
a.  Berperang hingga titik darah penghabisan
b.  Menjadikan Jerussalem wilayah umat Islam
c.  Melarang umat Nasrani dan Yahudi masuk Jerussalem
d.  Menyerahkan Jerussalem kepada pasukan salib

Jawaban : D    

9. Sarafuddin Abu Abdillah Muhammad bin Abdullah As-Shanhaji Al-Bushiri sastrawan dan sosok ulama yang hafal dan faham tiap detil ayat-ayat Al-Qur’an. Karya besarnya yang hingga kini masih sering ditampilkan pada acara maulid Nabi Muhammad Saw adalah….
a.  Al-Barzanji
b.  Ad-Dibai
c.  Dhiya Al-Lami
d.  Qasidah Burdah

Jawaban : D  

10. Sosok ulama masa daulah Ayyubiyah yang alim sekaligus pemikir, yang memiliki konsep teosufi iluminasi dan ishraqiyyah. Tetapi dihukum mati oleh pangeran Az Zahir dari daulah Ayyubiyah karena difitnah oleh sebagian orang menyebarkan aqidah Islam yang sesat adalah….
a.  As-Suhrawardi Al-Maqtul
b.  Abu Abdillah Al-Bushiri
c.  Abdul Latif Al-Baghdadi
d.  Abu Abdullah Al-Qudhoi

Jawaban : A  

11. Daulah Mamluk berfaham Islam serupa dengan pendahulunya Daulah Ayyubiyah, yaitu ….
a.  Syi'ah
b.  Sunni
c.  Jabariyah
d.  Mu’tazilah

Jawaban : B  

12. Pondasi kekuasaan Daulah Mamluk diletakkan oleh penguasa pertamanya Sultanah Shajarah Ad-Durr, ia pernah memerintahkan agar namanya disebut-sebut dalam khutbah Jum’at. Penguasa Sultanah Shajarah Ad-Durr membuat ….
a.  Keping mata uang yang menyandang namanya
b.  Tugu penguasa dengan symbol dirinya
c.  Buku sejarah pemerintahannya
d.  Benteng pertahanan

Jawaban : A  

13. Daulah Mamluk terbagi menjadi dua, yaitu ….
a.  Mamluk Bahri dan Mamluk Khair
b.  Mamluk Shalih dan Mamluk Burji
c.  Mamluk Shalih dan Mamluk Khair
d.  Mamluk Bahri dan Mamluk Burji

Jawaban : D  

14. Sultan Al-Zahir Ruknuddin Baybar Al-Bunduqdari menjadi Sultan Daulah Mamluk yang agung, penguasa dan pendiri sejati kekuasaan Daulah Mamluk. Kemenangan pertamanya ia peroleh dalam peperangan melawan tentara Mongol di medan perang Ain Jalut; tetapi puncak ketenarannya didapatkan berkat perjuangannya yang tanpa henti melawan tentara salib. Sebagai siswa, keteladanan yang dapat kita ambil dari perjuangannya melawan tentara Salib adalah ….
a.  Tidak melanggar aturan dan taat beribadah
b.  Semangat belajar dan pantang menyerah
c.  Tidak sombong dan rajin
d.  Hemat dan tidak pelit

Jawaban : B  

15. Kapasitas Sultan Baybar Al-Bunduqdari lebih dari sekedar pemimpin militer. Ia juga berhasil dalam banyak hal, diantaranya ….
a.  Membangun kembali Qal’atul Jabal, memperkuat benteng Suriah, tetapi ia juga menggali sejumlah kanal, memperbaiki pelabuhan, serta menghubungkan Kairo dan Damaskus dengan layanan burung Pos
b.  Membangun kembali angkatan laut, memperkuat benteng Suriah, tetapi ia juga menggali sejumlah kanal, memperbaiki pelabuhan, serta menghubungkan Kairo dan Damaskus dengan layanan burung Pos
c.  Membangun kembali angkatan laut, memperkuat benteng Suriah, tetapi ia juga menggali sejumlah kanal, memperbaiki pelabuhan, serta mendirikan madrasah Shalahiyah
d.  Membangun kembali angkatan laut, memperkuat benteng Suriah, tetapi ia juga menggali sejumlah kanal, mengganti madzhab di Mesir

Jawaban : A  

16. Keberhasilan dalam bidang ekonomi ini didukung oleh pembangunan jaringan pengangkutan dan komunikasi antara kota, baik laut maupun darat. Satu algi yang sangat membantu pengembangan ekonomi pada masa Daulah Mamluk adalah ….
a.  Angkatan laut
b.  Angkatan darat
c.  Pedagang
d.  Pembeli

Jawaban : C  

17. Bentuk pemerintahan oligarki adalah suatu bentuk pemerintahan yang menerapkan kepemimpinan berdasarkan ….
a.  Garis keturunan
b.  Kekuatan dan pengaruh
c.  Uang dan ketenaran
d.  Kebutuhan dan kesinambungan

Jawaban : B  

18. Sistem pemerintahan oligarki ini banyak mendatangkan kemajuan di Mesir. Yang menjadi kandidat sultan dalam sistem pemerintahan oligarki adalah ….
a.  Wazir
b.  Menteri
c.  Amir
d.  Mufti

Jawaban : A  

19. Sistem Oligarki lebih mementingkan kecakapan, kecerdasan, dan keahlian dalam peperangan. Sultan yang lemah bisa saja disingkirkan atau diturunkan dari kursijabatannya oleh seorang tentara yang lebih kuat dan memiliki pengaruh besar di tengahtengah masyarakat. Kelebihan lain dari sistim oligarki yang lain ….
a.  Tidak adanya istilah senioritas yang berhak atas juniornya untuk menduduki jabatan sultan
b.  Rakyat tidak bingung memilih Sultan, karena yang kuat akan menjadi
c.  Penguasa tidak adanya pemilihan sultan
d.  Yang lebih senior akan memimpin

Jawaban : A  

20. Nama ilmuwan yang tersohor dalam bidang ilmu keagamaan pada masa Daulah Mamluk diantaranya ….
a.  Ibn Khalikan, Ibn Taghribardi, dan Ibn Khaldun.
b.  Nasir Al-Din Al-tusiAbu Hasan `Ali Al-Nafis
c.  Ibn Taimiyah, Al-Sayuthi, dan Ibn Hajar Al-`Asqalani
d.  Ibn Khalikan, Ibn Taghribardi, dan Ibn Taimiyah

Jawaban : C  

II. Uraian/ Essay!
Jawablah pertanyaa berikut ini dengan jelas dan benar!

1. Apa yang kamu pahami dengan Daulah Mamluk?
2. Tuliskan peran Sultanah Shaja ad-Durr dalam mendirikan Daulah Mamluk?
3. Bandingkan keberhasilan daulah Ayyubiyah dan daulah Mamluk dalam membawa Islam pada puncak kejayaan?
4. Sebagai pelajar, keteladanan apa yang dapat diambil dari kemajuan peradaban dan kebudayaan Islam masa Daulah Mamluk?
5. Di zaman canggih seperti ini, apa yang harus dilakukan oleh seorang pelajar dalam menghadapi perubahan zaman yang begitu cepat?

Kunci Jawaban

1. Daulah Mamluk adalah kerajaan Islam yang didirikan oleh para budak militer (mamluk) yang berhasil merebut kekuasaan di Mesir pada abad ke-13. Mereka menggantikan Daulah Ayyubiyah setelah kekuasaan Sultan Salahuddin Al-Ayyubi dan dikenal dengan keberhasilannya dalam melawan serangan Mongol dan Salib.

2. Peran Sultanah Shajarah ad-Durr dalam mendirikan Daulah Mamluk sangat penting karena ia adalah wanita pertama yang memimpin Daulah Mamluk setelah kematian suaminya, Sultan As-Salih Ayyub. Ia menjadi penguasa sementara dan memerintahkan penunjukan nama-nama penting dalam pemerintahan serta berhasil menjaga kestabilan politik di Mesir.

3. Perbandingan Keberhasilan Daulah Ayyubiyah dan Daulah Mamluk:

Daulah Ayyubiyah sukses dalam menanggulangi serangan Salib dan merebut Baitul Maqdis, memperkenalkan kebijakan yang toleran terhadap agama lain, serta membangun infrastruktur penting seperti rumah sakit dan madrasah.

Daulah Mamluk dikenal karena keberhasilannya dalam mempertahankan wilayah Mesir dari serangan Mongol dan Salib, serta stabilitas politik dalam pemerintahan oligarki. Mereka juga berhasil dalam bidang ekonomi dan pembangunan infrastruktur seperti kanal, pelabuhan, dan sistem komunikasi.

4. Keteladanan yang Dapat Diambil dari Daulah Mamluk:
Sebagai pelajar, kita dapat meneladani semangat kegigihan dan ketekunan para penguasa Daulah Mamluk dalam menjaga kestabilan politik dan ekonomi. Selain itu, mereka berhasil menciptakan sistem pemerintahan yang efisien dan mengutamakan kecakapan dalam memimpin, yang bisa diterapkan dalam dunia pendidikan dan kehidupan kita untuk mencapai tujuan dengan kerja keras.

5. Apa yang Harus Dilakukan oleh Pelajar dalam Menghadapi Perubahan Zaman:
Seorang pelajar di zaman yang cepat berubah ini harus terus belajar dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Mengasah keterampilan digital, memahami ilmu pengetahuan baru, serta membangun kemampuan berpikir kritis dan kreatif sangat penting. Selain itu, mengembangkan kebiasaan belajar sepanjang hayat akan membantu pelajar tetap relevan dan siap menghadapi tantangan global.

Demikian bahasan materi latihan soal PTS SKI Kelas 8 Semester 2 dan Kunci Jawaban.
Bang Mimin
Bang Mimin Content Writer