Latihan Soal UM SKI MTs dan Kunci Jawaban
Table of Contents
Dibawah ini merupakan latihan soal untuk Ujian Madrasah (UM) untuk mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam SKI kelas 9 untuk jenjang MTs. Latihan soal ini bertujuan dalam rangka mempersiapkan diri siswa dalam menghadapi pelaksanaan ujian akhir ditingkat sekolah menengah pertama khusunya Madrasah Tsanawiyah.
Jumlah soal terdiri dari pilihan ganda yang seluruhnya berjumlah sebanyak 50 buah butir soal. Latihan soal ini diharapkan dapat berguna bagi siswa tingkat madrasah tsanawiyah dalam menghadapi ujian Asesmen Madrasah.
I. Pilihan Ganda
Pilihlah salah satu jawaban dari A, B, C dan D dibawah ini dengan tepat dan benar!
1. Tugas yang dibawa Nabi Muhammad SAW sebagai rasul sangatlah berat, beliau di utus Allah SWT di bumi sebagai.....
A. Manusia sempurna
B. Rahmatan Lil ‘muslimin
C. Rahmatan Lil Kafirin
D. Rahmatan Lil A’lamin
1. Tugas yang dibawa Nabi Muhammad SAW sebagai rasul sangatlah berat, beliau di utus Allah SWT di bumi sebagai.....
A. Manusia sempurna
B. Rahmatan Lil ‘muslimin
C. Rahmatan Lil Kafirin
D. Rahmatan Lil A’lamin
Jawaban : D
2. Salah satu cara yang di lakukan Nabi Muhammad SAW untuk mengajarkan ajaran Islam pada masa awal berdakwah di tengah penduduk Quraisy yang menulak ajaran Islam yaitu......
A. Terus terang
B. Diam-diam
C. Diam-diam dan terus terang
D. Trepusat di Masjid
2. Salah satu cara yang di lakukan Nabi Muhammad SAW untuk mengajarkan ajaran Islam pada masa awal berdakwah di tengah penduduk Quraisy yang menulak ajaran Islam yaitu......
A. Terus terang
B. Diam-diam
C. Diam-diam dan terus terang
D. Trepusat di Masjid
Jawaban : C
3. Cara yang di lakukan Rasulullah SAW dalam menggalang persatuan penduduk Madinah di antaranya adalah.....
A. Membuat piagam Madinah
B. Mengajak tokoh masyarakat
C. Membuat perjanjian Hudaibiyah
D. Mengadakan perjanjian Aqabah
3. Cara yang di lakukan Rasulullah SAW dalam menggalang persatuan penduduk Madinah di antaranya adalah.....
A. Membuat piagam Madinah
B. Mengajak tokoh masyarakat
C. Membuat perjanjian Hudaibiyah
D. Mengadakan perjanjian Aqabah
Jawaban : A
4. Wilayah Yasrib (Madinah) selain daerahnya subur juga menjadi pusat......
A. Perlombaan
B. Persaudaraan
C. Perdagangan
D. Pengajian
4. Wilayah Yasrib (Madinah) selain daerahnya subur juga menjadi pusat......
A. Perlombaan
B. Persaudaraan
C. Perdagangan
D. Pengajian
Jawaban : C
5. Khalifah yang telah mendirikan lembaga keuangan negara yang kemudian di sebut Baitul Mal adalah...
A. Abu Bakar as-Siddiq
B. Umar bin Khattab
C. Usman bin Affan
D. Ali bin Abi Thalib
5. Khalifah yang telah mendirikan lembaga keuangan negara yang kemudian di sebut Baitul Mal adalah...
A. Abu Bakar as-Siddiq
B. Umar bin Khattab
C. Usman bin Affan
D. Ali bin Abi Thalib
Jawaban : B
6. Khalifah Walid bin Abdul Malik membangun panti yatim piatu, orang-orang cacat, yang kemudian hal ini di sempurnakan oleh Khalifah........dengan memberikan jaminan sosial kepada kaum du’afa
A. Umar bin Abdul Aziz
B. Muawiyah bin abu Sufyan
C. Yazid bin Muawiyah
D. Sulaiman bin Abdul Malik
6. Khalifah Walid bin Abdul Malik membangun panti yatim piatu, orang-orang cacat, yang kemudian hal ini di sempurnakan oleh Khalifah........dengan memberikan jaminan sosial kepada kaum du’afa
A. Umar bin Abdul Aziz
B. Muawiyah bin abu Sufyan
C. Yazid bin Muawiyah
D. Sulaiman bin Abdul Malik
Jawaban : A
7. Imam Malik adalah salah satu ulama yang sangat berperan penting di dalam kemajuan ilmu pengetahuan umat Islam, di antara karya beliau yang terkenal sampai saat ini adalah.......
A. Al-Faraid
B. Al-Risalah
C. Al-Um
D. Al-Muwatta
7. Imam Malik adalah salah satu ulama yang sangat berperan penting di dalam kemajuan ilmu pengetahuan umat Islam, di antara karya beliau yang terkenal sampai saat ini adalah.......
A. Al-Faraid
B. Al-Risalah
C. Al-Um
D. Al-Muwatta
Jawaban : D
8. Menghapus perbedaan kelas antara Muslim Arab dan non Arab termasuk budak-budaknya termasuk usaha Khalifah Umar bin Abdul Aziz di bidang.......
A. Ekonomi
B. Agama
C. Sosial politik
D. Ilmu pengetahuan
8. Menghapus perbedaan kelas antara Muslim Arab dan non Arab termasuk budak-budaknya termasuk usaha Khalifah Umar bin Abdul Aziz di bidang.......
A. Ekonomi
B. Agama
C. Sosial politik
D. Ilmu pengetahuan
Jawaban : C
9. Perluasan wilayah Islam pada masa khalifah Utsman bin Affan ke Afrika utara (Tunisia) di pimpin oleh......
A. Abdullah bin Saad bin Abi Sarah
B. Walid bin Uqbah
C. Salam Rabiah al Bahly
D. Saad bin Ash dan Huzifah bin Yaman
9. Perluasan wilayah Islam pada masa khalifah Utsman bin Affan ke Afrika utara (Tunisia) di pimpin oleh......
A. Abdullah bin Saad bin Abi Sarah
B. Walid bin Uqbah
C. Salam Rabiah al Bahly
D. Saad bin Ash dan Huzifah bin Yaman
Jawaban : A
10. Para tabiin yang juga berperan dalam pengembangan ilmu Hadist pada masa Dinasti Bani Umayah di antaranya adalah....
A. Qatadah
B. Abdullah bin Salam
C. Said bin Jubair
D. Umar bin Abdul Aziz
10. Para tabiin yang juga berperan dalam pengembangan ilmu Hadist pada masa Dinasti Bani Umayah di antaranya adalah....
A. Qatadah
B. Abdullah bin Salam
C. Said bin Jubair
D. Umar bin Abdul Aziz
Jawaban : A
11. Kerajinan Seni Pahat pada masa Dinasti Abbasiyah terlihat pada....
A. Lantai Istana
B. Arsitektur Bangunan
C. Dinding Istanah
D. Genting istanah
11. Kerajinan Seni Pahat pada masa Dinasti Abbasiyah terlihat pada....
A. Lantai Istana
B. Arsitektur Bangunan
C. Dinding Istanah
D. Genting istanah
Jawaban : B
12. Bagaimana kebijakan politik yang diambil oleh Abu Ja’far Al-Mansyur, kecuali....
A. Menaklukan kembali daerah-daerah yang melepaskan diri
B. Menertibkan kembali keamanan daerah perbatasan
C. Membangun hubungan diplomatik didaerah luar jazirah arab
D. Memperkuat pemerintahan luar negeri
12. Bagaimana kebijakan politik yang diambil oleh Abu Ja’far Al-Mansyur, kecuali....
A. Menaklukan kembali daerah-daerah yang melepaskan diri
B. Menertibkan kembali keamanan daerah perbatasan
C. Membangun hubungan diplomatik didaerah luar jazirah arab
D. Memperkuat pemerintahan luar negeri
Jawaban : D
13. Perhatikan daftar pernyataan berikut ini!
28. Berikut yang termasuk contoh Implementasi dari sikap toleran dimasyarakat adalah…
A. Berteman dengan siapa saja
B. Taat kepada perintah Tuhan
C. Menerapkan sikap gotong royong
D. Cinta tanah air
13. Perhatikan daftar pernyataan berikut ini!
1. Agar semua kebijakan pemerintah berjalan dengan baik dan lancar
2. melakukan perbaikan administrasi
3. mencatat alat perlengkapan organisasi
4. memperbaharui administrasi pemerintahan, sistem politik dan tatanan kemiliteran.
Pilihlah jawaban diatas tentang kemajuan sistem administrasi pemerintahan masa Daulah Abbasiyah......
A. 1, 2, 3
B. 2, 3, 4
C. 1, 2, 4
D. 1, 2, 4
2. melakukan perbaikan administrasi
3. mencatat alat perlengkapan organisasi
4. memperbaharui administrasi pemerintahan, sistem politik dan tatanan kemiliteran.
Pilihlah jawaban diatas tentang kemajuan sistem administrasi pemerintahan masa Daulah Abbasiyah......
A. 1, 2, 3
B. 2, 3, 4
C. 1, 2, 4
D. 1, 2, 4
Jawaban : C
14. Salah satu tokoh ilmuwan muslim yang berpendapat logam seperti Timah, Besi, Tembaga dapat menjadi Emas dan perak dengan menggunakan obat rahasia adalah pendapat dari.....
A. Jubair Bin Hayyan
B. At- Thabari
C. Abu hamid bin Muhammad
D. Ibnu Miskawih
14. Salah satu tokoh ilmuwan muslim yang berpendapat logam seperti Timah, Besi, Tembaga dapat menjadi Emas dan perak dengan menggunakan obat rahasia adalah pendapat dari.....
A. Jubair Bin Hayyan
B. At- Thabari
C. Abu hamid bin Muhammad
D. Ibnu Miskawih
Jawaban : A
15. Perhatikan daftar berikut ini!
1. Abu mansyur al-falaki : Isbat al-ulum & Hayat al-falaq
2. Raihan Al-biruni : Kitab ma’rifat mathiil buruj baina arbai
3. Jabir Al-Batani : Al- fathimli awal as-sina altajim
4. An- Nasyasi : Alfu lailah wa lailah
15. Perhatikan daftar berikut ini!
1. Abu mansyur al-falaki : Isbat al-ulum & Hayat al-falaq
2. Raihan Al-biruni : Kitab ma’rifat mathiil buruj baina arbai
3. Jabir Al-Batani : Al- fathimli awal as-sina altajim
4. An- Nasyasi : Alfu lailah wa lailah
Berikut ahli astronomi dan karyanya adalah...
A. Abu mansyur al-Falaki
B. Raihan Al-Biruni
C. Jabir Al-Batani
D. An-Nasyasi
A. Abu mansyur al-Falaki
B. Raihan Al-Biruni
C. Jabir Al-Batani
D. An-Nasyasi
Jawaban : C
16. Tokoh ilmuwan kedokteran yang menemukan obat penyakit campak dan cacar adalah.....
A. At-Thabari
B. Ar-Razi
C. Al-Kindi
D. Ibnu Sina
16. Tokoh ilmuwan kedokteran yang menemukan obat penyakit campak dan cacar adalah.....
A. At-Thabari
B. Ar-Razi
C. Al-Kindi
D. Ibnu Sina
Jawaban : B
17. Selain ulama beliau adalah ahli hadits yang termasyhur diantara para ahli hadits sejak dulu hingga kini, beliau adalah.....
A. Imam Bukhori
B. Imam Muslim
C. Imam Abu Daud
D. Imam At-Tirmidzi
17. Selain ulama beliau adalah ahli hadits yang termasyhur diantara para ahli hadits sejak dulu hingga kini, beliau adalah.....
A. Imam Bukhori
B. Imam Muslim
C. Imam Abu Daud
D. Imam At-Tirmidzi
Jawaban : A
18. Dasar hukum yang digunakann oleh imam maliki dalam memutuskan sesuatu adalah.....
A. Hadits
B. Al-Qur’an
C. Falaq
D. Tafsir
18. Dasar hukum yang digunakann oleh imam maliki dalam memutuskan sesuatu adalah.....
A. Hadits
B. Al-Qur’an
C. Falaq
D. Tafsir
Jawaban : B
19. Imam at-thabari selain ulama’ yang mempunyai keahlian dalam berbagai bidang disiplin ilmu, beliau juga berperan dalam bidang....
A. Ilmu Tafsir
B. Ilmu Silat
C. Ilmu Fisika
D. Ilmu Kalam
19. Imam at-thabari selain ulama’ yang mempunyai keahlian dalam berbagai bidang disiplin ilmu, beliau juga berperan dalam bidang....
A. Ilmu Tafsir
B. Ilmu Silat
C. Ilmu Fisika
D. Ilmu Kalam
Jawaban : A
20. Ibrah kemajuan ilmu pengetahuan Dinasti Abbasiyah bagi umat islam sangat bermanfaat hingga kini, yaitu ilmu kesenian seperti kecuali....
A. Seni Rupa
B. Arsitektur
C. Seni Suara
D. Seni Tari
20. Ibrah kemajuan ilmu pengetahuan Dinasti Abbasiyah bagi umat islam sangat bermanfaat hingga kini, yaitu ilmu kesenian seperti kecuali....
A. Seni Rupa
B. Arsitektur
C. Seni Suara
D. Seni Tari
Jawaban : D
21. Kesesuain pemerintahan Daulah Ayyubiyah dengan Indonesia dalam mewujudkan pendidikan yang maju dan berkualitas adalah....
A. Mendekatkan madrasah dengan masjid
B. Memberikan gaji yang besar kepada pendidik
C. Membangun madrasah dan memberikan fasilitas yang baik
D. Mengajarkan ilmu beladiri
21. Kesesuain pemerintahan Daulah Ayyubiyah dengan Indonesia dalam mewujudkan pendidikan yang maju dan berkualitas adalah....
A. Mendekatkan madrasah dengan masjid
B. Memberikan gaji yang besar kepada pendidik
C. Membangun madrasah dan memberikan fasilitas yang baik
D. Mengajarkan ilmu beladiri
Jawaban : C
22. Sejak melakukan perdagangan internasional melalui jalur laut, maka saat itu dunia ekonomi dan perdagangan sudah mulai menggunakan sistem......
A. Debit
B. Kredit
C. Tunai
D. Balter
22. Sejak melakukan perdagangan internasional melalui jalur laut, maka saat itu dunia ekonomi dan perdagangan sudah mulai menggunakan sistem......
A. Debit
B. Kredit
C. Tunai
D. Balter
Jawaban : B
23. Perkembangan Dinasti Ayyubiyah tidak hanya penyebaran agama islam tetapi juga dibidang lain diantaranya adalah....
A. Pendidikan
B. Ekonomi
C. Kesehatan
D. Semua jawaban benar
23. Perkembangan Dinasti Ayyubiyah tidak hanya penyebaran agama islam tetapi juga dibidang lain diantaranya adalah....
A. Pendidikan
B. Ekonomi
C. Kesehatan
D. Semua jawaban benar
Jawaban : D
24. Al-Adil merupakan seorang pemimpin pemerintahan dan mengatur strategi yang berbakat dan efektif , diantaranya adalah menghadapi pemberontakan Izzuddin di mosul pada tahun....
A. 1192 M
B. 1193 M
C. 1169 M
D. 1167 M
Jawaban : B
25. Yang bukan termasuk sikap keteladanan para pemimpin Daulah Ayyubiyah adalah....
A. Peduli akan rakyat
B. Adil dan bijaksana
C. Suka pamerkan kekuasaan
D. Tidak suka berfoya-foya
24. Al-Adil merupakan seorang pemimpin pemerintahan dan mengatur strategi yang berbakat dan efektif , diantaranya adalah menghadapi pemberontakan Izzuddin di mosul pada tahun....
A. 1192 M
B. 1193 M
C. 1169 M
D. 1167 M
Jawaban : B
25. Yang bukan termasuk sikap keteladanan para pemimpin Daulah Ayyubiyah adalah....
A. Peduli akan rakyat
B. Adil dan bijaksana
C. Suka pamerkan kekuasaan
D. Tidak suka berfoya-foya
Jawaban : C
26. Islam masuk ke Indonesia melalui beberapa cara, diantaranya adalah……
A. Perdagangan
B. peperangan
C. Persahabatan
D. Permusuhan
26. Islam masuk ke Indonesia melalui beberapa cara, diantaranya adalah……
A. Perdagangan
B. peperangan
C. Persahabatan
D. Permusuhan
Jawaban : A
27. Yang bukan termasuk teori Islamisasi masuknya Islam ke Indonesia adalah…
A. Teori Persia
B. Teori Gujarat
C. Teori Aceh
D. Teori Mekkah
27. Yang bukan termasuk teori Islamisasi masuknya Islam ke Indonesia adalah…
A. Teori Persia
B. Teori Gujarat
C. Teori Aceh
D. Teori Mekkah
Jawaban : C
28. Berikut yang termasuk contoh Implementasi dari sikap toleran dimasyarakat adalah…
A. Berteman dengan siapa saja
B. Taat kepada perintah Tuhan
C. Menerapkan sikap gotong royong
D. Cinta tanah air
Jawaban : A
29. Langkah pertama yang dilakukan untuk penyebaran Islam adalah melalui….
A. Perkawinan
B. Kesenian
C. Perdagangan
D. Pendidikan
29. Langkah pertama yang dilakukan untuk penyebaran Islam adalah melalui….
A. Perkawinan
B. Kesenian
C. Perdagangan
D. Pendidikan
Jawaban : C
30. Kemenangan kerajaan Islam secara politis, banyak menarik penduduk untuk masuk Islam, Hal ini menggambarkan bahwa Islam masuk melalui…
A. Pendidikan
B. Politik
C. Hukum
D. Agama
30. Kemenangan kerajaan Islam secara politis, banyak menarik penduduk untuk masuk Islam, Hal ini menggambarkan bahwa Islam masuk melalui…
A. Pendidikan
B. Politik
C. Hukum
D. Agama
Jawaban : B
31. Sultan Shalahuddin adalah termasuk salah satu Raja dikerajaan….
A. Samudera Pasai
B. Malaka
C. Aceh Darussalam
D. Demak
31. Sultan Shalahuddin adalah termasuk salah satu Raja dikerajaan….
A. Samudera Pasai
B. Malaka
C. Aceh Darussalam
D. Demak
Jawaban : D
32. Pemimpin pertama dikerajaan Aceh Darusslam adalah bernama….
A. Iskandar Muda
B. Ali Mughayat Syah
C. Salahuddin
D. Alauddin Rayat Syah
32. Pemimpin pertama dikerajaan Aceh Darusslam adalah bernama….
A. Iskandar Muda
B. Ali Mughayat Syah
C. Salahuddin
D. Alauddin Rayat Syah
Jawaban : B
33. Selain menjadi pusat penyebaran Islam, kerajaan Samudera Pasai juga berperan sebagai Pusat…..
A. Perdagangan
B. Pendidikan
C. Kesenian
D. Perbelanjaan
33. Selain menjadi pusat penyebaran Islam, kerajaan Samudera Pasai juga berperan sebagai Pusat…..
A. Perdagangan
B. Pendidikan
C. Kesenian
D. Perbelanjaan
Jawaban : A
34. Atas perannya sultan Hasanuddin memimpin kerajaan Banten, maka Banten terkenal sebagai penghasil……
A. Sayuran terbesar
B. Rempah Lada
C. Kunyit
D. Jahe merah
34. Atas perannya sultan Hasanuddin memimpin kerajaan Banten, maka Banten terkenal sebagai penghasil……
A. Sayuran terbesar
B. Rempah Lada
C. Kunyit
D. Jahe merah
Jawaban : B
35. Perhatikan Tabel berikut !
Berikut nama pesantren yang sesuai dengan wilayahnya adalah…..
A. Sidogiri
B. Tebuireng
C. Darul Ulum
D. Banyuanyar
35. Perhatikan Tabel berikut !
A. Sidogiri
B. Tebuireng
C. Darul Ulum
D. Banyuanyar
Jawaban : A
36. Asal kata pesantren berasal dari Bahasa Arab, yaitu….
A. Funduk
B. Fundhuq
C. Fuunduk
D. Funduuq
36. Asal kata pesantren berasal dari Bahasa Arab, yaitu….
A. Funduk
B. Fundhuq
C. Fuunduk
D. Funduuq
Jawaban : B
37. Salah satu yang bukan termasuk peran pesantren dalam dakwah Islam adalah….
A. Lembaga Pendidikan
B. Lembaga hukum
C. Lembaga Keagamaan
D. Lembaga Sosial
37. Salah satu yang bukan termasuk peran pesantren dalam dakwah Islam adalah….
A. Lembaga Pendidikan
B. Lembaga hukum
C. Lembaga Keagamaan
D. Lembaga Sosial
Jawaban : B
38. Penyiar /da’wah ajaran Islam di pulau Jawa oleh Wali Songo artinya….
A. Pemimpin Wali
B. Walimatul Urusy
C. Sembilan Wali
D. Wakil-wakil
38. Penyiar /da’wah ajaran Islam di pulau Jawa oleh Wali Songo artinya….
A. Pemimpin Wali
B. Walimatul Urusy
C. Sembilan Wali
D. Wakil-wakil
Jawaban : C
39. Isi dari moh limo dari ajaran Sunan Ampel adalah lima prinsip untuk tidak melakukan lima hal yang buruk,salah satunya adalah moh main.Maksud dari moh main adalah….
A. tidak menggunakan barang yang menyebabkan seseorang menjadi fly seperti candu.
B. tidak melakukan zina
C. Tidak bermain game online yang berunsur judi
D. Tidak mengambil barang orang lain yang bukan menjadi haknya
39. Isi dari moh limo dari ajaran Sunan Ampel adalah lima prinsip untuk tidak melakukan lima hal yang buruk,salah satunya adalah moh main.Maksud dari moh main adalah….
A. tidak menggunakan barang yang menyebabkan seseorang menjadi fly seperti candu.
B. tidak melakukan zina
C. Tidak bermain game online yang berunsur judi
D. Tidak mengambil barang orang lain yang bukan menjadi haknya
Jawaban : A
40. Tempat yang dipakai oleh sunan ampel (Raden Rahmat) ketika menyiarkan dan mengembangkan Islam yaitu….
A. Mendirikan Rumah dan Masjid
B. Mendirikan sekolah
C. Mendirikan perkumpulan/Organisasi
D. Mendirikan Pesantren.
40. Tempat yang dipakai oleh sunan ampel (Raden Rahmat) ketika menyiarkan dan mengembangkan Islam yaitu….
A. Mendirikan Rumah dan Masjid
B. Mendirikan sekolah
C. Mendirikan perkumpulan/Organisasi
D. Mendirikan Pesantren.
Jawaban : D
41. Apa langkah poltik dari peran Wali Songo dalam menyebarkan dakwah Islam….
A. Mendirikan Rumah dan Masjid
B. Mendukung pendirian kerajaan Demak
C. Mendirikan sekolah
D. Mendirikan Pesantren
41. Apa langkah poltik dari peran Wali Songo dalam menyebarkan dakwah Islam….
A. Mendirikan Rumah dan Masjid
B. Mendukung pendirian kerajaan Demak
C. Mendirikan sekolah
D. Mendirikan Pesantren
Jawaban : B
42. Salah satu usaha dakwah dalam bidang sosial kemasyarakatan dilakukan Raden Rahmat atau Sunan Ampel yaitu….
A. membentuk jaringan kekerabatan dengan penguasa bawahan Majapahit
B. Menggelar pertunjukan Wayang kulit dan Gamelan/Gending
C. Mendirikan Pesantren
D. Mengajar Ketrampilan Pencak Silat
42. Salah satu usaha dakwah dalam bidang sosial kemasyarakatan dilakukan Raden Rahmat atau Sunan Ampel yaitu….
A. membentuk jaringan kekerabatan dengan penguasa bawahan Majapahit
B. Menggelar pertunjukan Wayang kulit dan Gamelan/Gending
C. Mendirikan Pesantren
D. Mengajar Ketrampilan Pencak Silat
Jawaban : A
43. Seorang tokoh penyiar agama Islam dari Aceh dan mengembangkan Tarekat Sattariyah, bernama…..
A. Muhammad Arsyad Al-Banjari
B. Maulana Malik Ibrahim
C. Abdul Rauf Singkel
D. Sunan Kali Jaga
43. Seorang tokoh penyiar agama Islam dari Aceh dan mengembangkan Tarekat Sattariyah, bernama…..
A. Muhammad Arsyad Al-Banjari
B. Maulana Malik Ibrahim
C. Abdul Rauf Singkel
D. Sunan Kali Jaga
Jawaban : C
44. Abdur Rauf as-Singkili memiliki sekitar 21 karya dalam bentuk kitab-kitab tafsir, hadits, fiqh, dan tasawuf.berikut kitab yang bukan karya dari beliau adalah….
A. Turjuman al Mustafid
B. Aqidatul Awwam
C. Umdat al Muhtajin
D. Mir’at at-Tullab fi Tahsil Ma’rifah Ahkam asy-Syar’iyah li al-Malik al-Wahab
44. Abdur Rauf as-Singkili memiliki sekitar 21 karya dalam bentuk kitab-kitab tafsir, hadits, fiqh, dan tasawuf.berikut kitab yang bukan karya dari beliau adalah….
A. Turjuman al Mustafid
B. Aqidatul Awwam
C. Umdat al Muhtajin
D. Mir’at at-Tullab fi Tahsil Ma’rifah Ahkam asy-Syar’iyah li al-Malik al-Wahab
Jawaban : C
45. Muhammad Arsyad al-Banjari adlah ulama yang berpangaruh di Indonesia juga aktif menulis buku. Di antara karyanya yang terbesar adalah kitab yang berjudul Sabilul Muhtadin yang artinya….
A. Jalan Orang yang Mendapat Petunjuk
B. Jalan Orang yang Mendapat berkah
C. Jalan Orang yang Mendapat Rahmat
D. Jalan Orang yang Mendapat karomah
45. Muhammad Arsyad al-Banjari adlah ulama yang berpangaruh di Indonesia juga aktif menulis buku. Di antara karyanya yang terbesar adalah kitab yang berjudul Sabilul Muhtadin yang artinya….
A. Jalan Orang yang Mendapat Petunjuk
B. Jalan Orang yang Mendapat berkah
C. Jalan Orang yang Mendapat Rahmat
D. Jalan Orang yang Mendapat karomah
Jawaban : A
46. Berikut ini adalah Ibrah yang diambil dari kehidupan Arsyad al-Banjari setelah menimba ilmu di tanah suci sesampainya di Indonesia dalam menyiarkan agama Islam di Indonesia adalah….
A. Membantu mengembangkan lembaga pendidikan
B. Membangun instansi kesehatan
C. Menggeluti dunia perdangan
D. Bertani saja agar pertanian di Indonesia maju
46. Berikut ini adalah Ibrah yang diambil dari kehidupan Arsyad al-Banjari setelah menimba ilmu di tanah suci sesampainya di Indonesia dalam menyiarkan agama Islam di Indonesia adalah….
A. Membantu mengembangkan lembaga pendidikan
B. Membangun instansi kesehatan
C. Menggeluti dunia perdangan
D. Bertani saja agar pertanian di Indonesia maju
Jawaban : A
47. Kh. Ahmad Dahlan adalah pendiri organisasi keagamaan yang bernama Muhammadiyah dalam hal tersebut tujuan beliau dalam mendirikan organisasi adalah…
A. Memperbarui pemahaman keagamaan yang bersifat ortodoks, jumud, keterbelakangan umat
B. Membangun rumah sakit Islam
C. Membangun universitas Islam
D. Memperkuat masyarakt untuk melawan penjajah
47. Kh. Ahmad Dahlan adalah pendiri organisasi keagamaan yang bernama Muhammadiyah dalam hal tersebut tujuan beliau dalam mendirikan organisasi adalah…
A. Memperbarui pemahaman keagamaan yang bersifat ortodoks, jumud, keterbelakangan umat
B. Membangun rumah sakit Islam
C. Membangun universitas Islam
D. Memperkuat masyarakt untuk melawan penjajah
Jawaban : A
48. KH. Ahmad Dahlan telah menetapkan bahwa Muhammadiyah bukan organisasi politik, tetapi bersifat sosial dan terutama bergerak di bidang…..
A. Pertanian
B. Perdagangan
C. Pendidikan
D. Perikanan
48. KH. Ahmad Dahlan telah menetapkan bahwa Muhammadiyah bukan organisasi politik, tetapi bersifat sosial dan terutama bergerak di bidang…..
A. Pertanian
B. Perdagangan
C. Pendidikan
D. Perikanan
Jawaban : C
49. KH. Hasyim Asy’ari ulama yang masyhur bertepatan 31 Januari 1926, di Jombang, Jawa Timur, beliau mendirikan Jam’iyah Nahdlatul Ulama (Kebangkitan Ulama) sebelumnya beliau memulai sebuah tradisi yang kemudian menjadi salah satu keistimewaan beliau, yaitu mengkhatamkan Kitab Syaikhhani (Shahih Bukhari dan Muslim).
49. KH. Hasyim Asy’ari ulama yang masyhur bertepatan 31 Januari 1926, di Jombang, Jawa Timur, beliau mendirikan Jam’iyah Nahdlatul Ulama (Kebangkitan Ulama) sebelumnya beliau memulai sebuah tradisi yang kemudian menjadi salah satu keistimewaan beliau, yaitu mengkhatamkan Kitab Syaikhhani (Shahih Bukhari dan Muslim).
Apa peran beliau dalam menyebarkan agama…
A. Membangun tradisi budaya
B. Membangun tradisi gotong royong dalam masyarakat
C. Membangun tradisi kesenian
D. Membangun tradisi pendidikan dalam masyarakat
A. Membangun tradisi budaya
B. Membangun tradisi gotong royong dalam masyarakat
C. Membangun tradisi kesenian
D. Membangun tradisi pendidikan dalam masyarakat
Jawaban : D
50. Ketika Belanda hendak kembali menjajah Indonesia, KH. Hasyi Asy’ari menyerukan “Resolusi Jihad”, yakni fatwa bahwa setiap muslim wajib berjihad membela dan mempertahankan tantanah air pada 22 Oktober 1945.
Salah satu upaya dalam konteks tersebut yang terjadi pada masa sekarang adalah….
A. Dakwah dalam dunia maya termasuk facebook, youtube, dan lain sebagainya
B. Menyebarkan berita hoax
C. Ikut demo besar-besaran
D. Ikut turnamen game online
50. Ketika Belanda hendak kembali menjajah Indonesia, KH. Hasyi Asy’ari menyerukan “Resolusi Jihad”, yakni fatwa bahwa setiap muslim wajib berjihad membela dan mempertahankan tantanah air pada 22 Oktober 1945.
Salah satu upaya dalam konteks tersebut yang terjadi pada masa sekarang adalah….
A. Dakwah dalam dunia maya termasuk facebook, youtube, dan lain sebagainya
B. Menyebarkan berita hoax
C. Ikut demo besar-besaran
D. Ikut turnamen game online
Jawaban : A
Demikian pembahasan tentang latihan soal Ujian Madrasah (UM) SKI jenjang MTs dan kunci jawabannya.