Latihan Soal PAS SKI Kelas VI MI Semester 1 dan Kunci Jawaban
Table of Contents
I. Pilihan Ganda
Berilah tanda silang ( X) pada huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang paling benar !
1. Silsilah ayah Sunan Kali Jaga tersambung dengan paman Rasulullah Saw, yaitu ....
A. Hamzah bin Abdul Muthalib
B. Abbas bin Abdul Muthalib
C. Abu Sufyan
D. Abu Lahab
1. Silsilah ayah Sunan Kali Jaga tersambung dengan paman Rasulullah Saw, yaitu ....
A. Hamzah bin Abdul Muthalib
B. Abbas bin Abdul Muthalib
C. Abu Sufyan
D. Abu Lahab
Jawaban : B
2. Sebelum bertemu Sunan Bonang, Raden sahid sering merampas harta para pejabat kerajaan untuk dibagikan ke fakir miskin, karena itu ia dikenal dengan nama ....
A. lokajaya
B. Raden Paku
C. Sunan Ngudung
D. Suanan Prapen
2. Sebelum bertemu Sunan Bonang, Raden sahid sering merampas harta para pejabat kerajaan untuk dibagikan ke fakir miskin, karena itu ia dikenal dengan nama ....
A. lokajaya
B. Raden Paku
C. Sunan Ngudung
D. Suanan Prapen
Jawaban : B
3. Peran penting Sunan Kalijaga dalam mengembangkan Islam di Indonesia yaitu ....
A. Membangun pesantren
B. Berdagang sambil berdakwah
C. Menyebarkan islam di cirebon
D. Menanamkan nilai Islam melalui wayang
3. Peran penting Sunan Kalijaga dalam mengembangkan Islam di Indonesia yaitu ....
A. Membangun pesantren
B. Berdagang sambil berdakwah
C. Menyebarkan islam di cirebon
D. Menanamkan nilai Islam melalui wayang
Jawaban : D
4. Mengubah alur cerita dewa-dewa menjadi susunan silsilah keturunan Nabi Adam dari jalur Nabi Syits merupakan upaya Sunan kalijaga untuk ....
A. Mencintai tradisi Jawa
B. Menghilangkan tradisi lokal
C. Menanamkan nilai-nilai Islam melalui pertunjukan
D. Merusak cerita wayang
4. Mengubah alur cerita dewa-dewa menjadi susunan silsilah keturunan Nabi Adam dari jalur Nabi Syits merupakan upaya Sunan kalijaga untuk ....
A. Mencintai tradisi Jawa
B. Menghilangkan tradisi lokal
C. Menanamkan nilai-nilai Islam melalui pertunjukan
D. Merusak cerita wayang
Jawaban : C
5. Sunan Kalijaga tidak mau menerima upah saat warga mengundangnya mengadakan pertunjukan wayang, ia hanya meminta penanggap ....
A. Membaca Alqur’an
B. Memberikan infak dan sedekah
C. Membaca dua kalimah syahadat
D. Memberikan imbalan berupa barang
5. Sunan Kalijaga tidak mau menerima upah saat warga mengundangnya mengadakan pertunjukan wayang, ia hanya meminta penanggap ....
A. Membaca Alqur’an
B. Memberikan infak dan sedekah
C. Membaca dua kalimah syahadat
D. Memberikan imbalan berupa barang
Jawaban : B
6. Sunan Kalijaga ikut terlibat dalam pembangunan Masjid Demak pada tahun ....
A. 1479 M
B. 1579 M
C. 1667 M
D. 1697 M
6. Sunan Kalijaga ikut terlibat dalam pembangunan Masjid Demak pada tahun ....
A. 1479 M
B. 1579 M
C. 1667 M
D. 1697 M
Jawaban : A
7. Kegigihan Sunan kalijaga dalam mengembangkan Islam di Indonesia dilakukan melalui ....
A. Memberikan sembako kepada warga
B. Berkeliling menyampaikan Islam lewat wayang
C. Membangun tempat-tempat ibadah
D. Berdagang dengan harga murah
7. Kegigihan Sunan kalijaga dalam mengembangkan Islam di Indonesia dilakukan melalui ....
A. Memberikan sembako kepada warga
B. Berkeliling menyampaikan Islam lewat wayang
C. Membangun tempat-tempat ibadah
D. Berdagang dengan harga murah
Jawaban : B
8. Nama asli Sunan Kudus adalah ....
A. Raden Ali Rahmatullah
B. Raden Paku
C. Ja’far Shadiq Azmatkhan
D. Raden Qasim
8. Nama asli Sunan Kudus adalah ....
A. Raden Ali Rahmatullah
B. Raden Paku
C. Ja’far Shadiq Azmatkhan
D. Raden Qasim
Jawaban : A
9. Silsilah Sunan Kudus bersambung sampai Rasulullah Saw. melalui ....
A. Husein bin Fatimah binti Rasulullah
B. Hasan bin Fatimah binti Rasulullah
C. Abbas bin Abdul Muthalib
D. Umar bin Khattab
9. Silsilah Sunan Kudus bersambung sampai Rasulullah Saw. melalui ....
A. Husein bin Fatimah binti Rasulullah
B. Hasan bin Fatimah binti Rasulullah
C. Abbas bin Abdul Muthalib
D. Umar bin Khattab
Jawaban : B
10. Guru Sunan Kudus yang datang bersama Laksama Ceng Ho dari Cina dan tinggal berdakwah di pulau Jawa bernama ....
A. Maulana Ishak
B. Kyai Telinsing
C. Syaikh Siti Jenar
D. Maulana Malik Ibrahim
10. Guru Sunan Kudus yang datang bersama Laksama Ceng Ho dari Cina dan tinggal berdakwah di pulau Jawa bernama ....
A. Maulana Ishak
B. Kyai Telinsing
C. Syaikh Siti Jenar
D. Maulana Malik Ibrahim
Jawaban : D
11.Alasan Sunan Kudus membuat padasan atau tempat wudhu’ bernuansa arca adalah ....
A. Menarik perhatian penganut Hindu-Budha
B. Sebagai hiasan semata
C. Meniru arsitektur Jawa
D. Menambah keindahan masjid
11.Alasan Sunan Kudus membuat padasan atau tempat wudhu’ bernuansa arca adalah ....
A. Menarik perhatian penganut Hindu-Budha
B. Sebagai hiasan semata
C. Meniru arsitektur Jawa
D. Menambah keindahan masjid
Jawaban : A
12. Salah satu cara unik Sunan Kudus mengumpulkan penganut Hindu-Budha berkumpul mengikuti ajakan masuk Islam adalah ....
A. Mendatangkan unta dari Arab
B. Menambatkan sapi di depan masjid
C. Menampilkan wayang kulit
D. Mengajarkan musik gamelan
12. Salah satu cara unik Sunan Kudus mengumpulkan penganut Hindu-Budha berkumpul mengikuti ajakan masuk Islam adalah ....
A. Mendatangkan unta dari Arab
B. Menambatkan sapi di depan masjid
C. Menampilkan wayang kulit
D. Mengajarkan musik gamelan
Jawaban : C
13. Tradisi memukul beduk saat memasuki hari pertama bulan Ramadhan di era Sunan Kudus, dinamakan ....
A. Selametan
B. Kenduri
C. Lebaran ketupat
D. Dandangan
13. Tradisi memukul beduk saat memasuki hari pertama bulan Ramadhan di era Sunan Kudus, dinamakan ....
A. Selametan
B. Kenduri
C. Lebaran ketupat
D. Dandangan
Jawaban : D
14. Salah satu upaya Sunan Kudus memupuk persatuan dan toleransi umat beragama di zamannya dilakukan dengan ....
A. Melarang penyembelihan sapi
B. Menganjurkan penyembelihan sapi
C. Membangun rumah adat
D. Membangun tempat pertemuan
14. Salah satu upaya Sunan Kudus memupuk persatuan dan toleransi umat beragama di zamannya dilakukan dengan ....
A. Melarang penyembelihan sapi
B. Menganjurkan penyembelihan sapi
C. Membangun rumah adat
D. Membangun tempat pertemuan
Jawaban : A
15. Berdasarkan inskripsi yang tertulis di Masjid dan menara Kudus, pembangun Masjid Menara Kudus dilakukan pada tahun ....
A. 936 H/1529 M
B. 946 H/1539 M
C. 956 H/1549 M.
D. 966 H/ 1559 M.
15. Berdasarkan inskripsi yang tertulis di Masjid dan menara Kudus, pembangun Masjid Menara Kudus dilakukan pada tahun ....
A. 936 H/1529 M
B. 946 H/1539 M
C. 956 H/1549 M.
D. 966 H/ 1559 M.
Jawaban : A
16. Perhatikan gambar di bawah ini !
16. Perhatikan gambar di bawah ini !
Bentuk arsitektur, masjid Menara Kudus menggambarkan akulturasi budaya ....
A. Arab dan Sunda
B. Turki dan India
C. Islam dan Hindu-Budha
D. Jawa dan Bali
A. Arab dan Sunda
B. Turki dan India
C. Islam dan Hindu-Budha
D. Jawa dan Bali
Jawaban : C
17. Tembang atau puisi tradisional yang digubah Sunan Kudus berisi nilai-nilai keislaman, yaitu ....
A. Padhang Wulan
B. Tembang Mijidan Maskumbang
C. Rumeksa Ing Wengi
D. Lir ilir
17. Tembang atau puisi tradisional yang digubah Sunan Kudus berisi nilai-nilai keislaman, yaitu ....
A. Padhang Wulan
B. Tembang Mijidan Maskumbang
C. Rumeksa Ing Wengi
D. Lir ilir
Jawaban : D
18. Raden Umar Said atau Sunan Muria adalah putra dari ....
A. Raden Mahdum Ibrahim
B. Raden Ali Rahmatullah
C. Raden Usman Haji atau Sunan Mandalika
D. Maulana Ishak
18. Raden Umar Said atau Sunan Muria adalah putra dari ....
A. Raden Mahdum Ibrahim
B. Raden Ali Rahmatullah
C. Raden Usman Haji atau Sunan Mandalika
D. Maulana Ishak
Jawaban : A
19. Upacara selamatan pada usia kehamilan ke tujuh diisi dengan membaca beberapa surah Alqur’an , dzikir dan doa, tradisi tersebut disebut ....
A. kenduri
B. tingkeban atau mitoni
C. bedug dangdangan
D. sungkeman
19. Upacara selamatan pada usia kehamilan ke tujuh diisi dengan membaca beberapa surah Alqur’an , dzikir dan doa, tradisi tersebut disebut ....
A. kenduri
B. tingkeban atau mitoni
C. bedug dangdangan
D. sungkeman
Jawaban : B
20. Tradisi tingkeban atau mitoni tidak dilarang, bahkan dilanjutkan para Wali Songo karena ....
A. Tidak bertentangan dengan nilai-nilai Islam
B. Menjaga tradisi tetap berlansung
C. Mengandung nilai silaturahmi
D. Jawaban a, b, dan c benar
20. Tradisi tingkeban atau mitoni tidak dilarang, bahkan dilanjutkan para Wali Songo karena ....
A. Tidak bertentangan dengan nilai-nilai Islam
B. Menjaga tradisi tetap berlansung
C. Mengandung nilai silaturahmi
D. Jawaban a, b, dan c benar
Jawaban : D
21. Contoh di bawah ini yang bukan termasuk cara dakwah Wali Songo adalah.....
A. Berdakwah dengan tindak kekerasan
B. Bertutur dengan bahasa yang baik
C. Berdakwah lewat seni dan budaya
D. Menjalin hubungan dagang
21. Contoh di bawah ini yang bukan termasuk cara dakwah Wali Songo adalah.....
A. Berdakwah dengan tindak kekerasan
B. Bertutur dengan bahasa yang baik
C. Berdakwah lewat seni dan budaya
D. Menjalin hubungan dagang
Jawaban : A
22. Di era Majapahit, pertunjukan wayang menjadi seni yang sangat digemari masyarakat, karena itu, langkah para Wali Songo, adalah....
A. Menjadikan wayang sebagai media dakwah
B. Mengganti tradisi lama
C. Menghilangkan tradisi lama
D. Mengembangkan tradisi luar
22. Di era Majapahit, pertunjukan wayang menjadi seni yang sangat digemari masyarakat, karena itu, langkah para Wali Songo, adalah....
A. Menjadikan wayang sebagai media dakwah
B. Mengganti tradisi lama
C. Menghilangkan tradisi lama
D. Mengembangkan tradisi luar
Jawaban : A
23. Perhatikan gambar di bawah ini !
23. Perhatikan gambar di bawah ini !
Buah Parijoto adalah buah mengandung obat yang dikaitkan dengan peran tokoh ....
A. Sunan Ampel
B. Sunan Giri
C. Sunan Kudus
D. Sunan Muria
A. Sunan Ampel
B. Sunan Giri
C. Sunan Kudus
D. Sunan Muria
Jawaban : C
24. Syarif Abdullah, ayah Sunan Gunung Jati adalah keturunan Rasulullah Saw yang berasal dari ....
A. Saudi Arabia
B. Mesir
C. India
D. Jawa
24. Syarif Abdullah, ayah Sunan Gunung Jati adalah keturunan Rasulullah Saw yang berasal dari ....
A. Saudi Arabia
B. Mesir
C. India
D. Jawa
Jawaban : A
25. Ibu Sunan Gunung Jati adalah adalah keturunan raja ....
A. Kerajaan Singasari
B. Kerajaan Majapahit
C. Kerajaan Pajajran
D. Kerajaan Demak
25. Ibu Sunan Gunung Jati adalah adalah keturunan raja ....
A. Kerajaan Singasari
B. Kerajaan Majapahit
C. Kerajaan Pajajran
D. Kerajaan Demak
Jawaban : C
26. Selain sebagai ulama, Sunan Gunung Jati memangku jabatan sebagai ....
A. Penguasa Kerajaan Demak
B. Penguasa Kerajaan Cirebon
C. Penguasa Kerajaan Banten
D. Penguasa Kerajaan Sriwijaya
26. Selain sebagai ulama, Sunan Gunung Jati memangku jabatan sebagai ....
A. Penguasa Kerajaan Demak
B. Penguasa Kerajaan Cirebon
C. Penguasa Kerajaan Banten
D. Penguasa Kerajaan Sriwijaya
Jawaban : B
27. Peran penting Sunan Gunung Jati dalam penyebaran Islam di Indonesia, adalah....
A. menyebarkan Islam di Cirebon, Banten, dan Pasundan
B. mengirim da’i ke berbagai daerah
C. melakukan kerja sama dengan penguasa lain
D. mengatur perjalanan haji
27. Peran penting Sunan Gunung Jati dalam penyebaran Islam di Indonesia, adalah....
A. menyebarkan Islam di Cirebon, Banten, dan Pasundan
B. mengirim da’i ke berbagai daerah
C. melakukan kerja sama dengan penguasa lain
D. mengatur perjalanan haji
Jawaban : A
28. Bangunan bersejarah yang terdapat dalam kesepuhan Cirebon, membuktikan sikap Sunan Gunung jati dalam perkembangan budaya bersifat....
A. melakukan akulturasi budaya lokal dan luar
B. tidak menerima budaya luar
C. menyalahkan budaya lain
D. mempertahankan budaya lokal
28. Bangunan bersejarah yang terdapat dalam kesepuhan Cirebon, membuktikan sikap Sunan Gunung jati dalam perkembangan budaya bersifat....
A. melakukan akulturasi budaya lokal dan luar
B. tidak menerima budaya luar
C. menyalahkan budaya lain
D. mempertahankan budaya lokal
Jawaban : A
29. Kedudukan Sunan gunung Jati menjadi penguasa Cirebon, memudahkannya menyebarkan Islam, beberapa program yang dilaksanakan, yaitu ....
A. Mempelopori pembangunan masjid-masjid jami’
B. Membangun sarana dan prasarana umum.
C. Membangun transportasi darat, laut, dan sungai.
D. Jawaban a, b, dan c benar
29. Kedudukan Sunan gunung Jati menjadi penguasa Cirebon, memudahkannya menyebarkan Islam, beberapa program yang dilaksanakan, yaitu ....
A. Mempelopori pembangunan masjid-masjid jami’
B. Membangun sarana dan prasarana umum.
C. Membangun transportasi darat, laut, dan sungai.
D. Jawaban a, b, dan c benar
Jawaban : D
30. Pada saat pemerintahan Sunan Gunung Jati intensitas pelabuhan Cirebon ramai dan didatangi banyak pedagang. Hal ini menunjukkan ....
A. Peran Sunan Gunung Jati membangun Cirebon
B. Kemunduran kerajaan Cirebon
C. Kemajuan Kerajaan Demak
D. Kemunduran Kerajaan demak
30. Pada saat pemerintahan Sunan Gunung Jati intensitas pelabuhan Cirebon ramai dan didatangi banyak pedagang. Hal ini menunjukkan ....
A. Peran Sunan Gunung Jati membangun Cirebon
B. Kemunduran kerajaan Cirebon
C. Kemajuan Kerajaan Demak
D. Kemunduran Kerajaan demak
Jawaban : A
II. Uraian/ Essay
II. Uraian/ Essay
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan jawaban yang benar !
31. Bagaimanakah hubungan keluarga antar Wali Songo ? jelaskan dengan membuat bagan sederhana?
Wali Songo memiliki hubungan keluarga yang erat karena sebagian besar merupakan keturunan dari keluarga bangsawan dan ulama. Beberapa di antaranya memiliki silsilah yang tersambung dengan Rasulullah Saw. Berikut bagan sederhana yang menggambarkan hubungan mereka:
31. Bagaimanakah hubungan keluarga antar Wali Songo ? jelaskan dengan membuat bagan sederhana?
Wali Songo memiliki hubungan keluarga yang erat karena sebagian besar merupakan keturunan dari keluarga bangsawan dan ulama. Beberapa di antaranya memiliki silsilah yang tersambung dengan Rasulullah Saw. Berikut bagan sederhana yang menggambarkan hubungan mereka:
- Sunan Kalijaga (keturunan Rasulullah Saw. melalui Abbas bin Abdul Muthalib)
- Sunan Kudus (keturunan Hasan bin Fatimah)
- Sunan Gunung Jati (keturunan dari Syarif Abdullah yang berasal dari Arab)
- Sunan Bonang, Sunan Giri, Sunan Muria, dll. memiliki hubungan keluarga melalui jalur keturunan dari keluarga ulama besar.
32. Apa alasan Sunan Kudus melarang penyembelihan sapi di daerah Kudus?
Alasan sunan Kudus melarang penyembelihan sapi karena untuk menghormati umat Hindu yang ada di sekitar daerah Kudus, yang memandang sapi sebagai hewan suci. Ini menunjukkan sikap toleransi beragama dan menjaga harmoni antar umat.
33. Bagaiman Wali Songo melakukan perubahan setting dalam cerita-cerita wayang?
Wali Songo mengubah alur cerita wayang yang biasanya berhubungan dengan dewa-dewa menjadi kisah yang berkaitan dengan silsilah Nabi Adam dan Nabi-Nabi Islam. Hal ini dilakukan untuk menyampaikan ajaran Islam melalui budaya yang sudah dikenal masyarakat.
34. Adakah pengaruh pertunjukan wayang oleh para Wali Songo terhadap perkembangan Islam di Jawa?
Pertunjukan wayang yang dilakukan oleh Wali Songo menjadi salah satu metode dakwah yang efektif di Jawa. Wayang menjadi sarana untuk menyampaikan ajaran Islam dengan cara yang menarik dan mudah diterima oleh masyarakat, karena mereka sudah akrab dengan seni pertunjukan tersebut.
35. Kenapa dakwah Wali Songo dapat diterima dengan baik oleh pemeluk agama lain! bandingkan dengan kondisi sekarang?
Dakwah Wali Songo diterima dengan baik karena mereka menggunakan pendekatan yang damai, menghargai tradisi lokal, dan menyampaikan Islam melalui seni, budaya, dan toleransi antar umat beragama. Mereka tidak memaksakan perubahan, melainkan mengintegrasikan nilai-nilai Islam ke dalam budaya lokal.
Sekarang, meskipun dakwah lebih berkembang melalui media modern, ada tantangan dalam penerimaan karena adanya perbedaan pandangan dan interpretasi agama yang lebih kaku di beberapa daerah.
Alasan sunan Kudus melarang penyembelihan sapi karena untuk menghormati umat Hindu yang ada di sekitar daerah Kudus, yang memandang sapi sebagai hewan suci. Ini menunjukkan sikap toleransi beragama dan menjaga harmoni antar umat.
33. Bagaiman Wali Songo melakukan perubahan setting dalam cerita-cerita wayang?
Wali Songo mengubah alur cerita wayang yang biasanya berhubungan dengan dewa-dewa menjadi kisah yang berkaitan dengan silsilah Nabi Adam dan Nabi-Nabi Islam. Hal ini dilakukan untuk menyampaikan ajaran Islam melalui budaya yang sudah dikenal masyarakat.
34. Adakah pengaruh pertunjukan wayang oleh para Wali Songo terhadap perkembangan Islam di Jawa?
Pertunjukan wayang yang dilakukan oleh Wali Songo menjadi salah satu metode dakwah yang efektif di Jawa. Wayang menjadi sarana untuk menyampaikan ajaran Islam dengan cara yang menarik dan mudah diterima oleh masyarakat, karena mereka sudah akrab dengan seni pertunjukan tersebut.
35. Kenapa dakwah Wali Songo dapat diterima dengan baik oleh pemeluk agama lain! bandingkan dengan kondisi sekarang?
Dakwah Wali Songo diterima dengan baik karena mereka menggunakan pendekatan yang damai, menghargai tradisi lokal, dan menyampaikan Islam melalui seni, budaya, dan toleransi antar umat beragama. Mereka tidak memaksakan perubahan, melainkan mengintegrasikan nilai-nilai Islam ke dalam budaya lokal.
Sekarang, meskipun dakwah lebih berkembang melalui media modern, ada tantangan dalam penerimaan karena adanya perbedaan pandangan dan interpretasi agama yang lebih kaku di beberapa daerah.
Demikian bahasan tentang latihan Soal PAS SKI Kelas VI MI Semester 1 dan Kunci Jawaban.