Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berbasis Hypnoteaching
Table of Contents
Proses pembelajaran kelas akan lebih matang dan terencana dengan baik dan benar jika dilaksanakan dengan perencanaan pembelajaran yang telah dibuat sebelumnya, agar lebih terstruktur dan sistematis dalam penyampaiannya sesuai dengan urutannya dan agar waktu yang singkat itu digunakan secara maksimal.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Sekolah: SMP/MTs
Mata Pelajaran: Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester: VII / Genap
Materi Pokok: Khulafaur Rasyidin
Alokasi Waktu: 2 x 40 menit (1 pertemuan)
Model Pembelajaran: Hypnoteaching
Sekolah: SMP/MTs
Mata Pelajaran: Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester: VII / Genap
Materi Pokok: Khulafaur Rasyidin
Alokasi Waktu: 2 x 40 menit (1 pertemuan)
Model Pembelajaran: Hypnoteaching
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
Menyebutkan nama-nama Khulafaur Rasyidin secara benar.
Menjelaskan peran dan kontribusi masing-masing Khulafaur Rasyidin dalam perkembangan Islam.
Meneladani sikap kepemimpinan Khulafaur Rasyidin dalam kehidupan sehari-hari.
II. Kompetensi Dasar & Indikator
Kompetensi Dasar (KD):
3.4 Menganalisis kepemimpinan Khulafaur Rasyidin dan kontribusinya terhadap perkembangan Islam.
4.4 Menyajikan hasil analisis tentang teladan dari kepemimpinan Khulafaur Rasyidin.
Indikator Pencapaian Kompetensi:
Mengidentifikasi nama dan masa pemerintahan Khulafaur Rasyidin.
Menguraikan kebijakan penting dan prestasi dari Abu Bakar, Umar, Utsman, dan Ali.
Menunjukkan sikap meneladani nilai-nilai kepemimpinan seperti jujur, adil, dan amanah.
Kompetensi Dasar (KD):
3.4 Menganalisis kepemimpinan Khulafaur Rasyidin dan kontribusinya terhadap perkembangan Islam.
4.4 Menyajikan hasil analisis tentang teladan dari kepemimpinan Khulafaur Rasyidin.
Indikator Pencapaian Kompetensi:
Mengidentifikasi nama dan masa pemerintahan Khulafaur Rasyidin.
Menguraikan kebijakan penting dan prestasi dari Abu Bakar, Umar, Utsman, dan Ali.
Menunjukkan sikap meneladani nilai-nilai kepemimpinan seperti jujur, adil, dan amanah.
III. Materi Pembelajaran
Pengertian Khulafaur Rasyidin
Nama dan masa pemerintahan Khulafaur Rasyidin
Kiprah dan kontribusi:
Pengertian Khulafaur Rasyidin
Nama dan masa pemerintahan Khulafaur Rasyidin
Kiprah dan kontribusi:
- Abu Bakar Ash-Shiddiq
- Umar bin Khattab
- Utsman bin Affan
- Ali bin Abi Thalib
IV. Metode dan Model Pembelajaran
Metode: Ceramah sugestif, diskusi kelompok, refleksi
Model: Hypnoteaching (memotivasi, memancing emosi positif, cerita inspiratif)
V. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)
Guru menyapa dengan senyum dan kata-kata positif (positive anchoring).
Guru memandu relaksasi ringan selama 2 menit untuk menciptakan fokus.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dengan narasi motivatif:
"Anak-anak hebat, hari ini kita akan belajar dari para pemimpin luar biasa, yang bukan hanya cerdas dan kuat, tapi juga penuh cinta dan tanggung jawab kepada umat. Mereka adalah sahabat Rasulullah Khulafaur Rasyidin."
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
1. Eksplorasi:
Guru menyampaikan materi melalui storytelling inspiratif, misalnya:
Perjuangan Abu Bakar dalam menjaga keutuhan umat.
Keadilan Umar bin Khattab.
Kedermawanan Utsman bin Affan.
Kecerdasan dan keberanian Ali bin Abi Thalib.
2. Elaborasi:
Siswa dibagi menjadi 4 kelompok: masing-masing membahas satu khalifah.
Setiap kelompok membuat “poster kepemimpinan” berisi:
- Biodata singkat
- Prestasi penting
- Sikap teladan
3. Konfirmasi:
Presentasi hasil kelompok.
- Biodata singkat
- Prestasi penting
- Sikap teladan
3. Konfirmasi:
Presentasi hasil kelompok.
Guru memberikan penguatan dengan sugesti positif:
“Kalian semua adalah calon pemimpin seperti para khalifah jujur, amanah, dan berani membela kebenaran.”
C. Penutup (10 Menit)
Refleksi: siswa menyebutkan satu nilai dari Khulafaur Rasyidin yang ingin mereka terapkan.
Guru memberikan afirmasi positif:
“Hari ini kalian telah belajar dari tokoh besar. Jangan ragu menjadi luar biasa, karena kalian pun bisa seperti mereka!”
VI. Penilaian
1. Pengetahuan
Tes lisan / tertulis: menyebutkan nama dan kontribusi Khulafaur Rasyidin.
2. Keterampilan
Poster kelompok (kreativitas, isi, kerja sama).
3. Sikap
Observasi nilai yang ditunjukkan saat diskusi (jujur, aktif, menghargai).
VII. Media dan Sumber Belajar
Media: Gambar tokoh, video singkat, kertas manila untuk poster.
Demikian bahasan singkat tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berbasis Hypnoteaching.
Sumber: Buku SKI Kelas VII, Kisah Khulafaur Rasyidin, internet edukatif.